Brebes terkenal dengan Telur Asin

Brebes merupakan salah satu kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayahnya 1.657,73 km², jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa (2010). Ibukotanya adalah  Brebes.  Disamping terluas, Brebes juga merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah.

Telur Asin Brebes

Telur Asin Brebes

Sudah sejak lama Brebes dikenal sebagai penghasil telur asin paling lezat karena warna kuning telur asin yang berbeda dengan telur asin lain, telur asin Brebes cenderung berminyak itulah yang membuat telur asin brebes lebih lezat dibandingkan telur asin daerah lain di Indonesia. Disekitar area pantai utara sepanjang kabupaten ini banyak dijual telur asin yang mudah dijumpai oleh mereka yang sekedar lewat maupun berkunjung ke Brebes,  sehingga membuat telur asin menjadi trademark kabupaten paling barat di Provinsi Jawa Tengah.

Itik

Peternakan Itik

Beternak bebek telah menjadi bagian dan ciri kehidupan sosial masyarakat Brebes. Budidaya unggas itu diperkirakan berlangsung sejak tahun 1770. Saat ini, peternak bebek sudah memasuki generasi keempat atau kelima.  Sentra peternakan bebek terletak di daerah pantai utara yang tersebar di 11 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebesyang berkembang biak seperti di tepi laut, terletak dekat sungai serta memiliki hamparan luas. Lokasi pemeliharaan bebek terletak pada lepe-lepe atau bantaran sungai, yang berhubungan langsung dengan laut.

Sentra Pembuatan Telur Asin

Sentra Pembuatan Telur Asin

Dalam catatan, Brebes memiliki peternak itik yang tersebar dan bergabung lebih dari 10 kelompok tani ternak itik (KTTI), jumlahnya melebihi peternak unggas lain. Sentra itik di Brebes yang terkenal adalah Desa Limbangan Wetan, Gandasuli, dan Pakijangan. Banyaknya warga Brebes yang menggeluti profesi sebagai peternak itik tak terlepas dari keuntungan yang bisa dihasilkan dari kegiatan ini. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan perawatan yang mudah, peternak itik pemula (satu tahun) rata-rata bisa mendapat keuntungan bersih Rp 30.000 sampai Rp 80.000 per hari.

Selain telur asin, Brebes dikenal juga dengan penghasil Bawang Merah yang cukup dikenal di berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Kualitas bawang merah tidak kalah dengan bawang impor yang menjadi musuh utama petani bawang merah di Brebes karena persaingan harga yang cukup tinggi. Resiko peternak itik jauh lebih dapat di handle dari pada petani bawang merah, karena tidak sedikit petani yang rugi karena perawatan ekstra mahal belum juga harga bawang yang tidak stabil. Inilah yang membuat petani bawang merah beralih ke peternak itik untuk menyambung hidupnya. Selain adanya kemudahan pasar, peternak itik di Brebes juga diuntungkan oleh banyaknya sungai kecil yang mengalir di wilayah ini, terutama di daerah utara. Sungai-sungai memudahkan peternak menggembalakan dan memberikan air minum bagi itik.

Cara mengumbar itik yang dilakukan peternak itik di Kabupaten Brebes selama ini menjadi alternatif bagi peternak dalam penyesuaian harga pakan itik yang semakin mahal. Umbaran bebek ini di area persawahan tanaman padi yang memiliki khas sendiri antara daerah Brebes Utara dan Brebes Selatan. Jenis tanaman persawahan dan iklim membuat pola “umbaran” daerah Brebes Utara terbatas hanya 6 bulan, sementara “umbaran” daerah Brebes Selatan setiap waktu karena pola tanam yang tidak mengenal musim.

Jika anda ingin berkunjung ke Brebes, silahkan mampir ke area penjualan sentra oleh-oleh Brebes untuk membeli telur asin baik pangon, panggang, bakar, juga pindang.

Hubungi kami jika anda mengalami kesulitan mengenal telur asin yang berkualitas tinggi.

Ibu Nuraeni (Peternak Itik  dan Penjual Telur Asin)

Jalan WR Supratman No. 12 RT 02/04 Gandasuli Brebes 52215 Jawa Tengah – Indonesia

Hub kami di 085865786501

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s